Jangan Lupa! Puncak Hujan Meteor Perseid, 12 Agustus 2009

Agustus 12, 2009

Sepertinya hujan meteor Perseid harus bisa mengalahkan cahaya bulan yang terang, agar kita bisa melihatnya dengan jelas tahun ini.

Gambar Hujan Meteor Perseid
Gambar Rasi Bintang Perseus

Dari tempat manapun di dunia, kita bisa melihat lebih dari 80 meteor per jam melintasi langit pada waktu tertentu, yaitu ketika cahaya silau bulan mulai melemah–Rabu menjelang tengan malam sampai Kamis subuh. Kondisi awan dan pencahayaan sekitar juga berpengaruh.

“Pertunjukan langit Perseid selalu menjadi hujan meteor tahunan terbaik,” kata Bill Cooke, Kepala Meteoroid Environments Office NASA di Alabama.

Hujan meteor Perseid akan muncul di arah timur laut, dekat rasi bintang Perseus–itulah mengapa namanya Perseid karena memang diambil dari nama rasi tersebut. Namun setelah tengah malam, Perseus akan naik lebih tinggi di langit, sehingga meteor dapat dilihat dari arah mana saja.

Tips Melihat Hujan Meteor Perseid

  • Pergilah ke suatu tempat yang jauh dari cahaya perkotaan. Misal: bukit atau gunung.
  • Posisikan diri Anda membelakangi perkotaan.
  • Usahakan pandangan Anda jangan terhalang oleh benda lain. Misal: gedung atau pohon yang besar.
  • Gunakan mata telanjang. Karena penggunaan teleskop justru akan mengganggu observasi Anda.
  • Lihatlah titik yang jauh dari bulan. Karena cahaya bulan akan mengganggu.
  • Terakhir, gunakan jaket tebal karena udara mungkin akan sangat dingin. Selamat menikmati!
About these ads

64 Responses to “Jangan Lupa! Puncak Hujan Meteor Perseid, 12 Agustus 2009”

  1. xianT Says:

    Katanya posisi paling mantaP bwt ngLyat meteoRnya kalo di Indonesia di Medan n Manado.

  2. baju 2009 Says:

    oke!! nanti pasti liat lah!!
    make awish jg tuh!!

  3. indisa Says:

    woww.. tak link ke fb ku yo rek? sekalian siapin daftar permintaan

  4. ranselbutut Says:

    huaa..
    pengin liat!!
    tpi dari daerah bekasi keliatan gak yaagh..
    berharap bisa liat :D

  5. sem Says:

    jawa kliatan ga ya? hee

  6. dhian Says:

    heemmmm so sweet!!

    doain ntar ga ktiduran,
    ckikiki

  7. Noue Says:

    D Mlang bisa tampak ga ya

  8. Wahyudikn Says:

    Semoga nanti bisa nonton di daerah Jogja…
    Makasih ya infonya… :D

  9. maskurmambang Says:

    yah tadi malam bulan terang banget gak bisa lihat deh


  10. tp harus ke bukit malem-malem yah? dingin..bbeehrrr

  11. Jupri Says:

    bisa diterangkan kenapa ada hujan meteor perseid?

  12. necel Says:

    difoto aja trus salah satu ada yang upload foto or videonya di blog ya


  13. dari Jogja keliatan nggak ya?


  14. Nice Info…
    _______________________________________________________
    http://WWW.KENALANYUK.COM <== facebook buatan INDONESIAA ASLIIII!!! AYOOO GABUNG!!!!

  15. arin Says:

    huaaaa,g sabar mo liadnya niii…
    mo bgadang j aah hr niii,,
    hho

  16. tyo Says:

    mca cih?wah2 harus w tonton nih event,ckakak…^_^

  17. kie Says:

    Gw pengen bgt bs liat….
    Mungkin gk ya…..

  18. Ervina Says:

    wah, mas pemilik blog…. rekam donk meteornya di video, trus upload lagi di blog ini ya…..
    saya tunggu……

  19. astrie Says:

    barusan aku liat langit luar (sekarang aku di bogor)

    and nothing ! ngga ada apa-apa , langitnya ngga cerah , cuma ada satu sinar , ngga tau mungkin itu planet .

    pada cerah ngga cuaca nyaaa ?

  20. Dodik Setiawan Says:

    wow…. info yg bagus…

  21. rein Says:

    aku d surabaya
    mendung total hiks, kdg cm kliatan bulan sama..planet/bintang apa tuh ya..

  22. Christjohn Says:

    Aduh kok dari ujungberung bandung ngga kelihatan ya malam ini? Huhuhu. . . .
    Mendung sekali bandung

  23. Bella Says:

    D rmh qw g kliatan., py d rmh tmen qw kliatan.. Pdhal qta msi satu kota… Tangerang..
    D tmpat qw bulan’a kliatan jlas., d tmpat dia bulan’a ketutup awan kata’a.,,
    Msi mgkin g bwt qw liat meteor ini?

  24. Christjohn Says:

    Wah sumpah keren. . Hahaha thanks God. . Ternyata terlihat juga. . Berarti christ udah 2kali lihat deh hujan meteor. . Tapi ngga se banyak yang dulu. . Ngga se jelas yang waktu dulu :)

  25. Zeee Says:

    @Christjohn
    kamu ngeliatnya di langit sebelah mana???
    ko aku ga ada???
    kamu tinggal di daerah mana???

  26. think_link Says:

    Aq smlem nggu mpe jam 3. Sial’y lngit ttutup mndung smlem..

  27. nizwa11 Says:

    Pengen liat hujan meteor….
    Nice infoy.tq

  28. nurrahman18 Says:

    foto hasil kejadian ada tak?

  29. Ph!duT Says:

    pengen liaaaaaaattt……

  30. mala Says:

    ……dari jogja kuk gak kelihatan yak???

  31. Lex dePraxis Says:

    Ga keliatan apa-apa kayaknya nih.

  32. omiyan Says:

    waduh mas posisi buat melihatnya terlalu jauhd ari tempat saya…tapi jadi penasaran juga nih


  33. SEMOGA PERTANDA BAIK. AMIN

    ________________________________________

    http://WWW.FATHULHIDAYAH.CO.CC

  34. Prizcha Says:

    ga keliatan :(

  35. danang Says:

    perhiasan kehidupan…

  36. jerzz Says:

    makasih tipsnya ….
    pengen liat..hehehe

    http://jerzz.wordpress.com/


  37. […] Gambar Rasi Bintang Perseus Dari tempat manapun di dunia, kita bisa melihat lebih dari 80 meteor per jam […] Go to Source […]

  38. qiqi Says:

    pengen liat gmn sih???asal jgn d kota gw

  39. GRACE IMOUT Says:

    aku di surabaya kok gak bisa liat ya.padahal langit cerah banget…sampe mata melotot dan perih kok gak keliatan y….jadi bobok lagi deeeee…kecewa banget


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: